Sabtu, 10 November 2018

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler Sebelum Melakukan Pembelian


Untuk mendapatkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, maka mengetahui perbedaanya akan menjadi hal yang harus dilakukan. Nah begitu juga bagi Anda yang ingin membeli produk pendingin ruangan yang tepat maka akan lebih bijak untuk mengetahui dan memahami perbedaan diantara produk tersebut. Dari beberapa produk pendingin ruangan yang ada, Air Conditioner atau AC dan air cooler menjadi produk paling diminati masyarakat. Bahkan begitu besarnya minat masyarakat akan kedua perangkat elektronik tersebut kemudian muncul istilah air cooler vs air conditioner. Dari alasan inilah maka dalam kesempatan ini kita akan membahas perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Untuk membahas perbedaan AC dan air cooler maka kita perlu mengetahui beberapa hal dari kedua produk tersebut. Beberapa hal yang perlu kita ketahui dari air conditioner dan air cooler tersebut antara lain sistem atau cara kerja, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Langsung saja kita mulai pembahasan dari perangkat pendingin ruangan bernama air conditioner. Produk yang juga sering disebut AC ini memang sudah sangat populer di publik. Tapi sayangnya meski sudah populer, tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengetahui dengan baik prinsip kerja serta kelebihan dan kekurangannya.

AC atau air conditioner sendiri adalah perangkat elektronik pendingin ruangan yang memiliki cara kerja paling rumit diantara produk lainnya. Ini karena saat bekerja, air conditioner menggunakan beberapa senyawa yang mampu mendinginkan udara panas. Beberapa senyawa yang bekerja dalam proses kerja air conditioner antara lain hidroklorofluorkarbon (HCFC), klorofluorkarbon (CFC) dan perfluorokarbon (FC). Setelah udara panas diserap oleh kipas maka akan diarahkan ke kumparan yang memiliki beberapa senyawa tadi. Nah di sinilah kemudian terjadi proses pendinginan melalui sebuah proses konversi berwujud kondensasi. Dari proses konversi inilah akan dihasilkan udara dingin yang nantinya kemudian dihembuskan ke seluruh ruangan. 

Setelah mengetahui cara kerja AC, berikutnya kita telusuri kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari air conditioner adalah :
    Memiliki kemampuan mendinginkan udara dengan cepat.
    Punya kualitas dingin paling baik dari yang lainnnya.
    Tidak terpengaruh pada efek kelembaban meski ditempatkan di ruangan tertutup.
    Bisa digunakan terus-menerus karena tidak bergantung pada persediaan air dingin seperti pada air cooler.

Sementara itu untuk kekurangan dari Air Conditioner (AC) antara lain :
    Harganya terbilang mahal dibanding air cooler, bahkan dengan produk pendingin ruangan lainnya sekalipun.
    Biaya listriknya besar karena membutuhkan penggunaan listik mencapai 500 watt.
    Perawatannya tidak mudah dan mahal, karena membutuhkan orang lain (ahli jasa service AC).
    Sulit untuk dipindah-pindahkan, karena sifatnya yang pernamen.

Untuk produk air cooler maka cara kerjanya lebih sederhana dibanding air conditioner. Cara kerja air cooler ini yakni dengan mengandalkan air dingin yang ada di tangki. Jadi air dingin dalam tangki ini oleh air cooler akan diubah menjadi uap dan disemburkan ke ruangan. Dari sinilah kemudian kelembaban di ruangan akan meningkat dan membuat udara di sekitarnya jadi lebih sejuk. Kelebihan dari air cooler ini antara lain :

    Hemat listrik saat pemakaian dibading AC.
    Harganya lebih murah dibandingkan dengan harga Air Conditioner (AC).
    Perawatan bisa dilakukan sendiri dengan mudah.
    Gampang dipindah-pindahkan sesuai selera dan kebutuhan. 

Seperti juga produk air conditioner, air cooler juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :
    Lambat untuk mendinginkan udara panas di ruangan.
    Tidak bisa terus-menerus dipakai karena harus mengisi air dingin dalam tangki dulu bila habis.
    Tidak bisa dinyalakan di tempat tertutup karena dapat memicu efek kelembaban yang buruk.
    Bila dihembuskan terus-menerus ke tubuh seseorang bisa memunculkan penyakit.

Dari beberapa penjelasan di atas mudah-mudahan Anda sudah mampu memahami bedanya air cooler dan air conditioner . Sebab bila Anda sudah mengetahui dan memahami perbedaan air cooler dan air conditioner maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan produk pendingin ruangan yang tepat dan terbaik untuk kebutuhan Anda.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.